Monday 7 November 2016

Spesifikasi dan Harga Honda Mobilio November 2016

Spesifikasi dan Harga Honda Mobilio November 2016

Spesifikasi dan Harga Honda Mobilio – Pertama kali muncul pada medio 2014, Honda Mobilio langsung menggoda banyak orang. Lewat tampilan eksterior yang elegan, produk low MPV pertama buatan Honda ini memang langsung menjadi buah bibir sejak hari pertama kelahirannya setahun silam. Keputusan Honda Prospect Motor (HPM) untuk melahirkan kendaraan bersegmen low MPV memang sangat tepat. Selama bertahun-tahun, segmen low MPV di Tanah Air didominasi oleh duet kembar Toyota Avanza-Daihatsu Xenia serta mendapat saingan lewat kemunculan Suzuki Ertiga. Melihat dominasi para kompetitor yang tanpa tanding, membuat Honda Indonesia tak mau ketinggalan. Maka, lahirlah Honda Mobilio yang menjadi produk perdana Honda di segmen MPV kelas entry-level. Ketika pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2014 yang lalu, Mobilio langsung “bikin heboh” karena dipesan sebanyak 10 juta unit pada lima bulan pertama sejak diperkenalkan. Tampil dengan sentuhan “out of the box”, Honda Mobilio berhasil menjadi trendsetter di segmen low MPV. Kesan selama ini yang melekat pada mobil segmen low MPV yang tak bisa diajak “gaul” sirna sudah oleh kehadiran Mobilio. Yup! Tak seperti kebanyakan kendaraan low MPV dari merek lain, Honda Mobilio memang nampak lebih segar dengan desain eksetrior yang sporty, dinamis, dan elegan.

Honda Mobilio
Sebelum kehadiran Honda Mobilio ini, seperti kita tahu bahwa Honda memang tak punya senjata utama di segmen low MPV. Satu-satunya kendaraan MPV Honda adalah Honda Freed, yang notabene merupakan MPV kelas atas. Selebihnya, Honda begitu merajai segmen hatchback dan sedan premium. Kehadiran Honda Mobilio ini tak pelak membuat nama Honda kian berkibar. Setelah sukses merajai segmen hatchback dari generasi ke generasi lewat Honda Jazz, kini Honda mulai menunjukkan tekat tinggi guna mendobrak pasar yang selama ini dikuasai Avanza-Xenia. Honda Mobilio sendiri dibangun menggunakan basis mesin yang sama dengan Jazz atau Freed, namun tentunya sudah disesuaikan dengan segmentasinya. Kali ini, Honda mengusung mesin i-VTEC SOHC silinder segaris yang memiliki kapasitas 1500 cc. Mesin Honda sendiri secara tradisional memang dikenal memiliki performa tangguh serta irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Selain mesin tangguh, Honda Mobilio juga memiliki segudang fitur interior yang berkualitas dan pastinya akan memberikan kenyamanan tingkat tinggi. Beberapa fitur andalan pada Mobilio antara lain adalah, dual SRS airbags, electric power steering, serta keyless entry. Fitur-fitur modern tersebut tentunya menjadi pelengkap desain eksterior Honda Mobilio yang tampil lebih sporty dan elegan. Apalagi, mobil ini juga sudah menganut standar keamanan Honda Global lewat struktur rangka body G-CON-ACE, serta triple seatbelt sehingga dari segi keamanan Honda Mobilio patut diacungi jempol. Nah, secuil kualitas yang dihadirkan oleh Honda tersebut belum seberapa. Mau tau lebih jelas? Simak ulasan lengkap Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Honda Mobilio pada segmen-segmen di bawah ini!

Mobil Honda Mobilio

Spesifikasi Honda Mobilio

Low MPV dengan Desain Modern dan Berkarakter Sporty
Jika melihat tampilan luar dari spesifikasi Honda Mobilio, pastinya kita sepakat jika Honda berhasil menampilkan kesan mobil MPV berdesain elegan. Bagaimana tidak? Konsep desain eksterior Mobilio memang dianggap yang terbaik di kelasnya. Anggunnya desain Mobilio bahkan mengantarkannya meraih gelar Best Low MPV of The Year 2015. Honda sendiri secara cermat mampu memahami kebutuhan konsumen. Kali ini, Honda Mobilio tampil dengan patron di luar kebiasaan. Tak hanya berfungsi sebagai kendaraan keluarga, Mobilio juga tak kalah keren saat diajak nongkrong atau sekedar gaul bersama rekan-rekan anda. Desain eksterior Honda Mobilio memang memenuhi semua aspek MPV modern. Pada bagian fascia depannya, Mobilio tampil dengan ukuran moncong yang lebih panjang dan berukuran rendah. Hal ini akan memunculkan aura sporty yang cukup kuat. Desain lampu utama Honda Mobilio berbentuk elips dengan ujung runcing. Headlamp Mobilo sendiri dibuat menyatu dalam satu wadah dengan lampu sein. Pada bagian depan juga nampak grill yang memiliki aksen patah dengan karakter tegas. Sementara untuk Honda Mobilio RS, anda akan menemui desain fascia yang lebih “sangar”. Ya, Mobilio RS memiliki tampang yang lebih sporty lewat penempatan foglamp di kedua ujung bawah yang memiliki cover berbentuk trapesium. Front grill Mobilio RS pun juga lebih gagah berkat aksen krom dengan tambahan emblem Honda di bagian tengah. Berpindah ke bagian samping, konsep sisi bodi mobilio pun juga tak kalah kerennya. Sisi sebelah kanan-kiri Honda Mobilio memiliki lekukan dinamis yang dipadukan dengan konsep kaca bertingkat. Selain itu, kemewahan juga bisa kita dapatkan pada bagian door lower garnish. Lalu pada bagian buritan, pada dasarnya semua tipe Mobilio memiliki desain bagian belakang yang sama. Mobil ini nampak begitu stylish jika diamati dari belakang lewat desain lampu utama berbentuk kotak serta lampu rem yang ditempatkan di bagian pintu belakang. Desain buritan Honda Mobilio juga semakin cantik degan penambahan tail light pada bagian atas. Sedikit perbedaan baru akan ditemui pada bagian body kitnya, di mana Mobilio tipe RS memiliki body kit yang lebih besar dan tegas. Secara umum, spesifikasi Honda Mobilio pada bagian eksterior memang benar-benar memancarkan sosok low MPV yang elegan, dinamis dan sporty.



Spesifikasi Honda Mobilio
Mobil Keluarga dengan Interior Nyaman dan Mewah
Selanjutnya setelah berhasil menampilkan desain yang cantik, spesifikasi Honda Mobilio pada bagian interior pun juga tak kalah atraktifnya. Pada kabin bagian depan atau dashboardnya, Mobilio dirancang untuk menampilkan pandangan luas bagi pengemudi sehingga jika kita berada dalam kabin, maka kita disuguhkan pandangan yang maksimal. Konsep kabin kemudi Honda Mobilio ini selain terasa sangat nyaman juga akan membuat pengemudi lebih merasa percaya diri ketika melakukan aksi driving. Selain itu, kabinnya juga memiliki ruang kepala lebih tinggi dan ruang kaki yang lapang. Kemudian pada bagian panel dashboard Honda Mobilio, kini dibuat lebih atraktif dengan desain setir kemudi berkonsep tilt steering yang bisa memberikan kenyamanan tingkat tinggi bagi pengemudinya. Untuk bagian panel instrumen dashboard Honda Mobilio, pada panel meter cluster dibangun dengan bentuk lebih eye catching dan futuristik dengan tampilan 3 display meter yang sanggup memberikan informsi akurat dan mudah dipantau oleh pengemudi. Sedangkan pada bagian tengah display meter terdapat instrumen multi information LCD display sebagai pemberi informasi kosumsi BBM dan jarak tempuh dengan desain informatif. Kemudian, pada dashboard Honda Mobilio juga tedapat panel sistem audio modern untuk kebutuhan entertainment secara lengkap. Berpindah pada bangku kemudinya, ruang kemudi Mobilio dirancang dengan bahan semi-bucket yang memiliki desain ergonomis sehingga menjamin kenyamanan maksimal saat mengemudi. Material jok pada kursi Honda Mobilio pun cukup berkualitas dengan material lembut, serta diprogram lebih ramping. Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan fitur One Touch Tumble pada bagian kursi yang bisa digunakan untuk melipat kursi kedua demi akses lebih mudah menuju kursi ketiga. Terakhir, spesifikasi Honda Mobilio pada bagian bagasi juga dibangun lebih lega dan fleksibel untuk menampung barang.

Spesifikasi Mobil Honda Mobilio
Dimensi Bodi Kompak Didukung Supensi Mantap untuk Berkendara
Secara fisik, spesifikasi Honda Mobilio pada bagian bodinya memang nampak lebih panjang dari kebanyakan kendaraan MPV lainnya. Hal ini memang wajar karena Mobilio memiliki dimensi tubuh berukuran 4.386 x 1.683 x 1.603 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 2.650 mm. Ukuran tersebut memang sudah sesuai standar. Hal ini akan membuat Honda Mobilio mudah untuk dikendalikan serta memiliki manuver yang mantap. Sebagaimana fungsi MPV pada umumnya, Mobilio juga dirancang sebagai kendaraan multipurpose, artinya bisa digunakan sebagai kendaraan yang selain asyik untuk driving di perkotaan, juga asyik untuk diajak berwisata ke luar kota. Mobil berkapasitas maksimal 8 orang ini, juga memiliki ground clearance tinggi sehingga membuatnya cocok di ajak ke luar kota. Sedangkan untuk bermanuver di perkotaan, Honda Mobilio pun juga tak menjadi masalah karena memiliki radius putar hingga 5,2 m sehingga ketika menghadapi belokan tajam mobil ini masih tetap stabil. Kemudian untuk mendukung stabilitas di jalanan, Honda Mobilio juga sudah dibekali dengan suspensi berkualitas lewat suspensi depan Mac Pherson Strurt dan H-Shape Torsion Beam untuk suspensi belakangnya. Selain itu bagian pengeremannya juga sudah mumpuni, karena Mobilio sudah menganut rem berteknologi ABS plus EBD (untuk tipe Tipe E dan RS). Terakhir, pada spesifikasi Honda Mobilio bagian kaki-kakinya, velg berdiameter 15 inci dengan balutan ban ukuran 185/65 R15 siap diandalkan untuk membuatnya melesat lincah di permukaan aspal.



Harga Mobil Honda Mobilio
Mesin 1.5L i-VTEC untuk Performa Bertenaga dan Paling Irit di Kelasnya
Setelah puas membahas spesifikasi Honda Mobilio pada tampilan luar serta interiornya, saatnya kita membedah ruang dapur pacunya. Jika dilihat dari bagian mesinnya, jelas nama besar Honda tak bisa disepelekan karena pabrikan asal Negeri Sakura ini paling ahli dalam menghasilkan mesin ramah lingkungan namun tetap bertenaga. Untuk jantung dapur pacunya, Honda Mobilio dibekali dengan mesin bertipe 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Mesin yang terdapat pada Mobilio ini sanggup memuntahkan daya maksimum hingga 88 Kw pada putaran 6.600 rpm serta torsi maksimum 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm. Mesin yang terdapat pada Honda Mobilio juga diklaim oleh pembuatnya telah memenuhi standar global dengan mengaplikasikan sistem injektor bahan bakar berteknologi PGM-FI yang mampu memaksimalkan proses pembakaran BBM menjadi lebih sempurna. Selain itu, pada mesinnya sendiri terdapat teknologi Torque Boost Resonator yang sanggup meningkatkan torsi pada putaran bawah dan power maksimal pada putaran atas, namun tetap hemat bahan bakar. Hematnya bahan bakar pada Honda Mobilio bahkan sudah dibuktikan lewat uji coba konsumsi bahan bakar yang hasilnya adalah catatan konsumsi 26,7 km/liter. Catatan uji konsumsi BBM Mobilio ini menjadikannya sebagai low MPV paling irit di Indonesia. Mesin terbaru pada Honda Mobilio juga sudah lolos uji emisi standar EURO 4 sehingga menjadikannya sebagai kendaraan ramah lingkungan, sesuai komitmen Honda. Pada bagian pamungkasnya, yakni sistem transmisi penggerak, spesifikasi Honda Mobilio terbagi menjadi dua varian, yaitu varian Mobilio dengan sistem transmisi otomatis CVT dan varian Mobilio 5-Speed bertransmisi manual.
Didukung dengan Fitur Keselamatan dan Kenyamanan Lengkap
Berbekal bermacam spesifikasi Honda Mobilio yang menarik perhatian, tak lantas membuat Honda mengabaikan fitur-fitur keselamatan dan kenyamanan yang juga menjadi keunggulannya. Meski didaulat sebagai kendaraan MPV murah, namun Honda Mobilio sudah dilengkapi dengan standar keselamatan yang tinggi. Seperti misalnya adalah pengaplikasian kerangka G CON+ACE yang merupakan standar keselamatan orisinil Honda. Kemudian ada juga Dual SRS Airbags untuk semua tipe. Honda Mobilio juga didukung oleh sistem pengereman ABS plus EBD (Tipe E CVT). Lalu untuk fitur keamanan lainnya, pada bagian kabin juga sudah tersedia seatbelt di masing-masing kursi. Seatbelt tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur Pretensioner with Load Limiter untuk mengindari tubuh cedera saat kecelakaan. Selanjutnya, pada bagian jok Honda Mobilio juga sudah didukung dengan jok ISOFIX dan Tether yang ditempatkan pada bagian kedua sebagai kursi bayi. Terakhir untuk fitur keselamatan, juga ada fitur Pedestrian Protector untuk Mobilio semua tipe. Beralih pada fitur kenyamanannya, Honda Mobilio karena sudah dilengkapi dengan penunjang kebutuhan hiburan dan multimedia, seperti misalnya sistem audio single DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input (tipe S), Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input + USB Port + Made for iPod dan iPhone yang tersedia untuk Honda Mobilio tipe E. Selain itu ada juga fitur-fitur seperti Power Door Mirror, Power Window, Power Outlet, Green Glass, Footres, Eco Indicaor, serta AC Double Blower yang kesemuanya tersedia di semua tipe Mobilio. Sedangkan spesifikasi Honda Mobilio pada bagian keamanannya, sudah tersedia fitur Wave Key, Keyless Entry (tipe E), Immobilizer, dan Security Alarm (tipe E).

No comments: